Elemen Design Grafis

03.33 Rizky Fauzi 1 Comments

1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Macam-macam garis beserta artinya :




Horizontal : Memberi sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
Vertikal : Stabilitas, kekuatan atau kemegahan.
Diagional : Tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika.
Lengkung S : Grace, keanggunan.
Zig-zag : Bergairah, semangat, dinamika atau gerak cepat.
Bending up right : Sedih, lesu atau kedukaan.
Diminishing Perspective : Adanya jarak, kejauhan, kerinduan dan sebagainya.
Concentric Arcs : Perluasan, gerakan mengembang, kegembiraan dsb.
Pyramide : Stabil, megah, kuat atau kekuatan yang masif.
Conflicting Diagonal : Peperangan, konflik, kebencian dan kebingungan.
Spiral : Kelahiran atau generative forces.
Rhytmic horizontals : Malas, ketenangan yang menyenangkan.
Upward Swirls : Semangat menyala, berkobar-kobar, hasrat yang tumbuh.
Upward Spray : Pertumbuhan, spontanitas, idealisme.
Inverted Perspective : Keluasan tak terbatas, kebebasan mutlak, pelebaran tak terhalang.
Water Fall : Air terjun, penurunan yang berirama, gaya berat.
Rounded Archs : Lengkung bulat mengesankan kekokohan.
Rhytmic Curves : Lemah gemulai, keriangan.
Gothic Archs : Kepercayaan dan religius.
Radiation Lines : Pemusatan, peletupan atau letusan.


2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:

2.1) Huruf (Character) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.

2.2) Simbol (Symbol) : yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).

2.3) Bentuk Nyata (Form) : bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.

3. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dan lain sebagainya.

4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.



1.Desain grafis adalah suatu bentuk seni lukis (terapan) yang memberikan kebebasan kepada sang desaianer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ….
   A  ilustrasi
   b  photo
   c  tulisan
   d garis
   e  brosur
2.  Dalam perkembangannya desain grafis dikenal pula dengan istilah ….
a.            desain komunikasi visual
b.            desain visualisasi
c.            grafika komputer
d.            visualisasi komputer
e.            komputer grafis

3.  Secara garis besar desain grafis dapat dikategorikan, kecuali ….
a.            Printing (percetakan)
b.            Web desain
c.            Environmental Graphic Design (EGD)
d.            Desain Produk
e.            Desain iklan

4.      Desain buku, majalah, poster, flyer dan sejenisnya termasuk dalam kategori ….
a.            Printing (percetakan)
b.            Web desain
c.            Environmental Graphic Design (EGD)
d.            Desain Produk
e.            Desain iklan

5.      Desain professional yang mencakup desain arsitektur, desain industri, arsitek taman, desain interior dan sejenisnya termasuk kategori ….
a.            Printing (percetakan)
b.            Web desain
c.            Environmental Graphic Design (EGD)
d.            Desain Produk
e.            Desain iklan

6.      Berikut adalah teknik visualisasi, kecuali ….
a.            fotografi
b.            translasi visual
c.            model making
d.            typografi
e.            penyablonan

7.     Berikut adalah aplikasi komputer pengolah tata letak (layout), kecuali ….
a.            Adobe inDesign
b.            Adobe PageMaker
c.            Adobe Photoshop
d.            Ms. Publisher
e.            Corel Ventura

8.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah vector/garis, kecuali ….
a.            Adobe Illustrator
b.            Corel Draw
c.            Ms. Paint
d.            Macromedia Freehand
e.            Beneba Canvas

9.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah pixel/bitmaps, kecuali ….
a.            Adobe Photoshop
b.            Corel Photopaint
c.            Ms. Paint
d.            Ms. Photo Editor
e.            CorelDraw

10.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah Film/Video, kecuali ….
a.            Adobe After Effect
b.            Nero Ultra Edition
c.            Ulead Video Studio
d.            Windows Movie Maker
e.            CorelDraw

11.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah Film/Video, kecuali ….
a.            Macromedia Authorware
b.            Macromedia Flash
c.            Multimedia Bulider
d.            Hyper Studio
e.            Ezedia

12.  Aplikasi pembuat grafis berbasis bitmap yang secara otomatis (default) terinstal pada komputer yang menggunakan system operasi windows adalah ….
a.            Ms. Paint
b.            Adobe Photoshop
c.            Ms. Powerpoint
d.            Corel Draw
e.            Windows Movie Maker

13.  Aplikasi pengolah video yang secara otomatis (default) terinstal pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows adalah ….
a.            Ms. Paint
b.            Adobe Photoshop
c.            Ms. Powerpoint
d.            Corel Draw
e.            Windows Movie Mak

1 komentar: